bagaimana Seorang Ibu Bisa Mendapatkankan Penghasilan Dari Rumah

Senin, 28 Februari 2011

OBAT TRADISIONAL

OBAT TRADISIONAL
Batuk pilek
1. Batuk
a. Kencur ama madu.
b. Bunga belimbing wuluh + gula batu, direbus. Setelah dingin, airnya diminumkan.
c. Buah pir Korea juga bisa mengurangi batuk pada si anak.
d. Parutan kencur dicampur dg. makannya.
e. Anak saya kalau batuk ringan saya kasih air daun sirih pagi dan malam. 5 daun sirih disobek kecil2 ditaruh di gelas, disiram air mendidih secukupnya, tunggu sampai hangat, diminumkan ke anak 5 sendok teh. Kalo batuk berat ditambah air kencur dari parutan, dicampur air hangat, diperas, diminumkan 5 sendok teh.
f. Obat tradisional cina cap monyet. Lendirnya dikeluarkan melalui BAB. Nama Cina obat ini kalau ga salah Chou Ho San, ini emang khusus buat mengeluarkan lendir.
g. Madu+kayu manis
h. Obat "Ching Fung San/Ke Hong San" kegunaannya untuk semua penyakit yang berhubungan dengan angin (sesuai dengan arti kanji dari obat tersebut). Obat ini biasanya untuk mengobati pilek, panas, diare, panas dalam, kaget bayi, batuk berdahak dsbnya. Oh yah, pemberiannya jangan dicampur dengan susu formula, nanti obatnya nggak bekerja secara optimal.

2. Pilek
a. Gambir di parutin trus di tetesin odocologne balurin di keningnya.
b. Olesin balsem didadanya sebelum tidur, kalo masih doyan makan minum sebaiknya jangan dikasi obat dulu, coba pake balsem bu, kalo balsem yang saya pakai Balsem Telon Tresnojoyo.
c. Kalau dulu anak saya 3 bulanan pernah diresepkan Breathy karena hidungnya mampet. Biasanya di Kimia Farma ada, dijual bebas kok.
d. Kalo anak saya pilek, yang penting adalah meningkatkan daya tahan tubuh. Jadi banyak istirahat, banyak makan, banyak makan buah, minum madu, sama kalo mau royal jelly. Kalo batuk, saya kasi kencur sama madu juga biar agak manis.
e. Kalo untuk hidung mampet sehingga nggak bisa bobo, bisa dicoba pake BREATHY - ini obat tetes hidung (2 tetes masing masing hidung) biar lega & bisa bobo pulas. semoga cepat sembuh Karena kandungan Breathy ini hanya garam murni, saya pikir relatif lebih aman dibanding memberikan berbagai obat meskipun lewat mulut. Karena obat tetes ini bekerja pada lokal saja, yaitu daerah hidung (CMIIW). Saya memberikan Breathy pada Bagas saat usia 9 bulan. Dibeli di apotik tanpa resep dokter, tapi saya lupa harganya -- kalo tidak salah Rp. 13.000,-
f. Kalo pilek, sering saya kasih vicks (di dada & punggungnya), banyak istirahat & banyak makan buah.

B. Diare :
Bahan :
• 7 cm kunyit, dibakar sampai kulitnya kehitaman
• 7 cm batang pulasari
• 7 butir ketumbar
• 1 genggam tumbuhan patikan cina segar
• 200 cc air
Cara membuat:
• Tumbuk kunyit, pulasari, patikan cina sampai tercampur rata lalu rebussampai mendidih.
• Saring dengan kain bersih.
• Tambahkan air sampai diperoleh 200 cc ramuan.
Dosis:
• Usia 1 tahun: 3 x sehari @ 2sdm
• Usia 2 tahun: 3 x sehari @ 4sdm
• Usia di atas 2 tahun: 3 x sehari @ 50cc

C. Sakit perut (tidak mencret)
Bahan:
• 3.5 cm kunyit 1 potong kayu ule 11 butir merica bolong
• 7 cm lempuyang wangi, dibakar 5 butir adas 20 lembar daun poko (pipermin)
• 3 potong temu kunci (panjang 3 cm) 11 butir ketumbar

0 komentar:

Posting Komentar